6 Tanda Kamu Sudah Mengelola Kartu Kredit Dengan Baik

Tanda Kamu Sudah Mengelola Kartu Kredit
Tanda Kamu Sudah Mengelola Kartu Kredit

Presiden.co.id – Pada saat kamu mengambil kemutusan untuk berhutang, terkadang susah untuk kamu ketahui apakah keputusan tersebut memang benar atau tidak. Tetapi mau bagaimana lagi, desakan kebutuhan hidup membuat kamu kehilangan arah dan berani untuk berhutang.

Sebagian masyarakat terjebak dengan hutang-hutang mereka sendiri. Kalau tidak pandai dalam mengelola uang dari hutang tersebut. Bukannya menambah penghasilan, justru ekonomi mereka semakin merosot. Beberapa tanda ini membuktikan bahwa kamu sudah mengelola uang dari hutang tersebut dengan baik.

1. Kamu Tidak Pernah Membayar Denda Atas Keterlambatan Apapun

Keterlambatan yang dimaksud seperti terlambat dalam membayar tagihan hutang atau bunga hutang. Hal tersebut merupakan poin bagus dikarenakan kamu tidak perlu membayar denda penalty yang relatif tinggi, dan memungkinkan kamu untuk bisa mengelola kartu kredit pada ‘kondisi’ yang baik.

2. Skor Kredit Kamu Meningkat

Skor Kredit ini dilihat seberapa besar kamu aktif dalam akun kredit kamu. Jika kamu membuat kesalahan pada saat mengambil kredit, maka akan ada notifikasi bahwa skor kredit kamu menurun.

Sebaliknya, jika skor kredit kamu mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Maka hal tersebut tandanya kamu melakukan kinerja yang bagus dalam mengelola uang dari hutang tersebut. Kalau kamu membayar tagihan hutang dengan tepat waktu, maka secara tidak langsung kamu menjaga keseimbangan hutang kamu.

3. Penerbit Kartu Kredit Menaikan Limit Kredit Kamu

Hal tersebut jika dilihat memang cukup masuk akal, dikarenakan bank penerbit kartu kredit biasanya hanya mau menaikan limit kredit terhadap nasabahnya, jika nasabah tersebut melaksanakan kewajibannya dengan baik.

Kalau limit kartu kredit kamu meningkat, hal tersebut merupakan pertanda yang baik bahwa kamu mampu mengelola hutang kamu dengan maksimal.

4. Penerbit Kartu Kredit Lain Menawarkan Layanan Pre-Approved

Bank penerbit kartu kredit memaikai prosedur pre-screening dalam mencari siapakah konsumen yang tepat untuk menerima penawaran kartu kredit. Jika kamu mendapatkan email atau surat tawaran perihal kartu kredit, khususnya penawaran reward kartu kredit atau rate promosi yang menarik.

Hal tersebut menjadi tanda bahwa bank penerbit kartu kredit lain mengakui bahwa kamu adalah sosok peminjam uang yang bertanggung jawab.

5. Saldo Kartu Kredit Rendah

Periksa apakah saldo kartu kredit kamu rendah atau tinggi. Jika saldo kartu kredit kamu rendah, hal itu menunjukan bahwa kamu jarang menggunakan kartu kredit kamu.

Hal tersebut juga dapat menjadi faktor penting dalam memainkan skor kredit kamu. Saldo kartu kredit yang renda bisa membantu kamu dalam menghindari jeratan hutang kartu kredit.

6. Kamu Tidak Pernah Memanipulasi Tagihan Pembayaran

Pada saat kamu mendapatkan surat tagihan yang ternyata melebihi pendapatan kamu. Pada akhirnya kamu akan menukar tenggat waktu, mengambil uang tabungan, bahkan memakai kartu kredit lain untuk membayar tagihan.

Melakukan teknik memanipulasi tagihan dengan cara diatas bukannya dapat menjauhkan kamu dari masalah, justru masalah yang lebih besar akan mendatangimu seperti kamu akan memperoleh bunga kredit yang cukup tinggi serta merusak skor kredit kamu.

Leave a comment

Your email address will not be published.