oleh

Saat Kendang Ditabuh, Ribuan Peserta Pentas PAI Nasional IX di Makassar Bersorak

Tabuhan kendang pagi ini oleh Menteri Agama (Menag) yang diikuti sorak-sorai oleh ribuah peserta yang hadir menjadi penanda dibukanya Pekan Keterampilan dan Seni Pendidikan Agama Islam (PENTAS PAI) Tingkat Nasional IX Tahun 2019. Even nasional yang digelar oleh  Direktorat Jenderal Pendidikan Islam di Asrama Haji Sudiang Makasar ini merupakan ajang untuk mendeteksi dan mengevaluasi pemahaman keagamaan pada diri siswa yang diterjemahkan dalam berbagai kompetisi.

“Pentas PAI juga menjadi ajang untuk menunjukan kepada masyarakat bahwa kita masyarakat yang beragama,” disampaikan Lukman Hak Syaifudin dalam sambutan pembukaan dihadapan ribuan peserta dan serta tamu undangan, Kamis (10/10/2019)

Lebih lanjut, Menag menyatakan bahwa tema yang diangkat pada kegiatan ini, yaitu keberagamaan generasi milenial yg moderat sangat relevan dengan tuntutan perkembangan jaman. Menurutnya anak didik perlu belajar untuk merespon permasalahan kehidupan dengan menguatkan kemampuan berpikir kritis agar literasi moderasi beragama semakin berkembang.

“Untuk mewujudkan generasi yang moderat kita perlu mengembangkan pembelajaran agama yang memupuk kemampuan siswa untuk berpikir kritis serta memiliki kelenturan intelektual dalam menimbang berbagai persoalan kehidupan,” tegasnya.

Senada dengan Menag, Kamaruddin Amin sebagai direktur jenderal Direktorat Pendidikan Islam menyampaikan bahwa tema yang diangkat dalam kegiatan ini sesuai dengan kebutuhan saat ini mengingat peserta lomba ini adalah bagian dari generasi milenial yang membutuhkan pengetahuan dan pemahaman yang moderat. Ia juga menambahkan bahwa kegiatan ini diharapkan dapat menumbuhkembangkan sikap sportif, kejujuran dan ukhuwah Islamiyyah antar siswa.

Kegiatan dua tahunan ini diikuti oleh 1.066 siswa tingkat SD, SMP, dan SMA. Dan Jawa Timur mengirimkan 31 anak untuk ikut dalam 10 mata lomba. Cabang yang dilombakan dalam Pentas PAI Nasional IX, yaitu Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ), Lomba Pidato PAI, Musabaqoh Hifzhil Quran (MHQ), Lomba Cerdas Cermat PAI, Lomba Kaligrafi Islam, Lomba Seni Nasyid, Lomba Debat PAI, Lomba Kreasi Busana. Juga dilombakan Cerita Remaja Islam, serta Karya Ilmiah Remaja PA pada kali pertama di ajang Pentas PAI tingkat Nasional. Even ini akan ditutup pada Minggu 13 Oktober 2019.

Komentar

News Feed