oleh

Berbasis WordPress, Ini Theme Situs Resmi Presiden RI

Programer IDWebsite Bad’ul Munir menjelaskan, situs resmi Presiden RI (PresidenRI.go.id) dalam mesin pencarian Google masuk dalam peringkat yang baik. Lebih lanjut dikatakan, situs Presiden RI dibangun berbasis Content Management Sistem (CMS) WordPress.

Munir, sapaan akrabnya, juga menjelaskan apabila situs Presiden RI menggunakan theme berbayar dari tagDiv. Dijelaskan, produk tagDiv menurutnya sedang digandrungi oleh banyak masyarakat Indonesia saat ini.

“Situs Presiden RI ini sepertinya menggunakan theme Newspaper,” katanya, di Jakarta, Jumat (20/04/2018).

Diakui Munir, WordPress saat ini menjadi salah satu CMS yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Dikatakan, mulai dari perusahaan-perusahaan dunia, artis dunia, media online internasional, hingga banyak situs pemerintah banyak menggunakan WordPress.

“Situs internasional berbasis WordPress seperti Time, NASA, Forbes, TechCrunch, TED, CNN, BCC, the National Football League, Blog Microsoft, Newsroom Facebook, situs Justin Bieber, Mercedes Benz, Coca-cola, Best Buy dan lainnya. Kalau di Indonesia sendiri selain Presiden RI, yang menggunakan Wodpress itu seperti Indonesia (Indonesia.go.id), Dikti (risetdikti.go.id), BKN (bkn.go.id), dan masih banyak lagi,” paparnya.

Lanjut Munir, WordPress digunakan oleh lebih dari 30% website yang ada di Internet. Jumlah tersebut jauh lebih besar bila dibandingkan dengan CMS populer lainnya. Joomla dan Drupal misalnya, kata Munir tidak sampai 5%.

“Ini bisa dicek di W3Tech,” jelasnya.

Ia pun menambahkan, dari waktu ke waktu jumlah pengguna WordPress terus bertambah. Pertumbuhannya mencapai ribuan lebih situs berbasis WordPress tiap harinya. Fenomena ini, lanjut Munir, tertinggi dari keseluruhan software CMS yang ada.

“Bahkan, versi terbaru WordPress 4.9 telah didownload 73.580.229 dengan merujuk counter WordPress hari ini,” pungkasnya.

 

Komentar

News Feed